Jumat, 05 Januari 2018

Masa Kehamilan Berpengaruh dalam Kepribadian Anak

Tanya: Sekarang ini banyak sekali kajian yang menyatakan bahwa masa kehamilan berpengaruh dalam pembentukan kepribadian dan watak anak. Keluarga harus memperhatikan masa kehamilan; kaum ibu disarankan untuk banyak membaca, mendengarkan musik, dan sebagainya. Apakah Islam juga memberikan perhatian khusus atas masa hamil ini?


Jawab: Pada masa awal Islam tidak ditemukan adanya kajian-kajian kesehatan dan pembahasan psikologi seputar masalah masa kehamilan. Sebenarnya ini termasuk persoalan-persoalan baru dan bukan persoalan menonjol pada masa itu sehingga mesti dipertanyakan dan dicarikan solusinya. Namun, secara umum dapat dijelaskan bahwa kondisi kejiwaan dan fisik seorang ibu sangat berpengaruh terhadap pembentukan janin, baik positif atau negatif. Sebab janin merupakan bagian dari (diri) sang ibu. Dia bergerak dan bereaksi selaras dengan gerak dan reaksi sang ibu. Kestabilan dan keseimbangan emosional si ibu pun berpengaruh pada ketenangan, ketenteraman, kestabilan, dan keseimbangan sang janin.

Demikian pula sebaliknya. Demi menjaga keselamatan janin, Islam menganjurkan kaum ibu untuk menyediakan kondisi yang kondusif bagi pertumbuhan alami janin, baik dengan mendengarkan musik yang dihalalkan atau mengkaji buku-buku bacaan yang bermanfaat, serta membaca al-Quran al-Karim. []

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)