Kamis, 04 Januari 2018

Sarana Pendidikan Anak


image

Tanya: Beberapa hadis yang berbicara tentang pendidikan tidak menyinggung tentang sarana-sarana pendidikan dalam mewujudkan tujuan-tujuan yang diharapkan pada setiap tahapnya. Cukupkah bila kita hanya menjelaskan tahapan-tahapan itu tanpa menyinggung sarananya?

Jawab: Islam mengajarkan pada manusia metode dalam meraih pengetahuan melalui pemikiran dan pengalaman, baik pengalaman orang lain ataupun pengalaman diri. Oleh karena itu, Islam memerintahkan kita untuk mendidik anak-anak dengan pendidikan yang baik; ia menjelaskan secara terperinci kepada kita tentang metode pendidikan anak. Islam memberikan contoh kepada kita dengan sarana-sarana indrawi guna mencapai pengenalan akan keagungan Allah Swt.

Memang pendidikan anak merupakan persoalan yang sulit untuk ditentukan garis besarnya karena adanya perubahan kondisi pada setiap masa. Sarana pendidikan di masa sekarang tentu berbeda dengan sarana pendidikan di masa lampau.

Karena itu, Islam tidak membatasi sarana-sarana tertentu dalam pendidikan anak. Misalnya dengan buku. Dahulu manusia membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk meraih pengetahuan-pengetahuan dasar. Namun sekarang dengan revolusi komunikasi yang telah menyebar di seluruh dunia, orang menjadi sangat mudah untuk mendapatkan pengetahuan melalui berbagai sarana komunikasi yang canggih. Karena itu, Islam hanya memberikan garis besarnya dalam membangun kepribadian manusia. Islam membebaskan manusia untuk belajar dari pengalaman hidupnya di bumi ini. []

(Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah, Dunia Anak: Memahami Perasaan dan Pikiran Anak Muda. Bogor: Penerbit Cahaya, 2004)